650 Peserta Castinger se-Jabodetabek

sujmber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Jika dulu aktivitas menangkap ikan hanya dilakukan nelayan dengan menggunakan jala atau jaring, berbeda halnya dengan kegiatan memancing (sport fishing). Olahraga yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, selain pada alat yang digunakan, ternyata ada beragam teknik yang kita bisa pilih. Salah satunya casting. Cara ini begitu popular di kalangan para pemancing, hampir sebagian para mania selalu menggunakannya di spot freshwater dan bahkan membentuk komunitas secara khusus bagi pecinta castinger.

Nah beberapa waktu lalu, baru saja terselenggara acara silaturahmi Castinger Se-Jabodetabek. Kegiatan ini dihadiri sekitar 650 peserta dari 30 komunitas yang terdaftar serta beberapa pemancing lainnya. Menurut penuturan ketua pantia “Karena temanya silaturahmi kita tidak membatasi hanya komunita saja, dan target awal hanya 300 peserta, namun peminatnya cukup tinggi sehingga tidak menyangka bisa sebanyak ini” ungkap Bambang kepada redaksi.

Beliau menambahkan “Kopdar se-Jabodetabek ini diadakan berawal saat acara  Family Uncales (FU), kebetulan saya sebagai ketua Bekasi Angler Freshwater sempat berdiskusi dan ada keinginan untuk mengadakan silaturahmi castinger. Dari beberapa teman, akhirnya 2 komunitas dari Gunung Putri Angler Community (GUPAC) serta Komunitas Castinger Bekasi (KCB) bergabung dalam panitia. Untuk acara ini sendiri dibutuhkan sekitar 3 bulan persiapan” ujarnya.

Tepat sebelum lomba casting mulai digelar, sekitar pukul 06.00 para peserta yang mulai berdatangan segera saling berkenalan dan pengundian doorprize segera diumumkan.Tampak terlihat sesama komunitas atau sesama para angler mulai foto bersama. Setelah 1 jam berada di lokasi, lebih tepatnya di  Danau Jaya Sampurna, Cikarang, peserta mulai diajak pada sesi tebar benih. Ada 3.500 ekor dengan 5 jenis ikan yaitu Lele, Patin, Nila, Mujair dan ikan Mas.

Saat yang di tunggu-tunggu pun tiba, para pemancing yang sudah memakai jersey kebanggaan dan membawa beragam piranti pancing mulai mencari posisi utuk memancing. Ketika 20 menit berjalan, para panitia sempat mengadakan galang dana untuk anak yatim piatu, para pemancing pun tidak diberi batasan dalam memberikan bantuan.

Menariknya selain dikuti ratusan peserta, kali ini juga doorprize dibagikan sebanyak 3 sesi. Pada tahap pembukaan, pertengahan sesi mancing dan di akhir acara. Hal ini dilakukan bertujuan membuat acara Castinger berjalan meriah. Terlebih tambahan hadiah dari berbagai sponsor. Sebelum mengahkiri obrolan dengan redaksi, Bambang mengungkapkan, “Saya sangat apresiasi kepada semua pihak yang terlibat sehingga semuanya berjalan baik dan terlihat bahagia” ungkapnya. 

Berikut daftar para pemenang yang berhasil landed ikan gabus terpanjang :

1) Fuad Hasan (BMW) 51cm
2) Peor (SH2G) 48cm
3) Joe Hery (Jak Angler) 46cm
4) Aa Bote (KCB) 46cm
5) Angler Independent 44cm
6) Ubhe (KAKA) 42cm
7) Domblenk (GUPAC) 42cm

(bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.