Spot Potensial Trolling Barracuda, Karang Sumbal Pekalongan

Spot potensial Karang Sumbal

MANCINGMANIACOM – Kota Batik Pekalongan yang terletak di Jalur Pantai Utara pulau Jawa ternyata cukup berpotensi tinggi dalam hal kekayaan hasil lautnya. Banyaknya pemancing di kota ini dikarenakan jumlah spot potensial terhitung cukup banyak di beberapa tempat dan juga bisa diaplikasikan dengan beragam tehnik mancing.

Kontributor MM kali ini berkesempatan mencoba untuk memancing ikan Barracuda yang ternyata sedang musim di perairan Pekalongan dengan tekhnik Trolling. Keberuntungan kontributor MM kali ini tentunya juga atas kebaikan seorang angler lokal Pekalongan bernama Yudha. Yudha yang sudah beberapa kali mengeksplor spot-spot saltwater perairan Pekalongan dengan baik hati mengajak dan memberi bocoran info bahwa bulan ini adalah saat yang tepat untuk mancing ikan Barracuda.

Ikan Barracuda yang juga terkenal sebagai predator bergigi tajam ini ternyata habitatnya mudah dijumpai di perairan Pekalongan. Dan kali ini kami akan mengeksplor salah satu spot bernama Karang Sumbal yang sebelumnya sering dikunjungi Yudha untuk trolling Barracuda.

Berangkat pukul 07.00 WIB, kami start dari dermaga Boum Panjang Pekalongan menggunakan kapal Nelayan milik Pak Waryo dengan tarif sewa kapal sebesar Rp 300.000,- untuk setengah hari memancing. Namun berhubung cuaca sedang kurang bagus dikarenakan angin timuran yang diprediksi berhembus pada pukul 11.00 WIB, maka diputuskan kami hanya memancing hingga pukul 10.00 WIB saja.

Yudha dan Pak Waryo sepertinya sudah hafal betul karakter makan ikan Barracuda yang sangat gampang dipancing dengan tekhnik Trolling. Bermodalkan Joran dengan line test 10-20 lbs ,PE 2 ,leader 50 lbs dan Artificial Lure Minnow seberat 20 gram dengan karakter sinking, kamipun langsung mengaplikasikan tekhnik mancing trolling selama perjalanan menuju spot Karang Sumbal dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit.

15 menit perjalanan pun membuahkan hasil, joran Yudha nampak melengkung pertanda lure disambar ikan. Yudha yang sudah mengenal betul karakter ikan sudah bisa memprediksi bahwa Barracuda lah yang menyambar lure nya. Perlahan Yudha meladeni perlawanan ikan yang terus memberontak berusaha melepaskan lure dari gigitannya. Ikan pun mulai mendekat ke kapal dan benar saja, Barracuda berbobot kurang lebih 2,5 kilogram sudah nampak dan siap “diselamatkan” ke atas kapal.

Berhubung trip kali ini adalah full Trolling, maka kapal non-stop berputar-putar di spot Karang Sumbal tanpa mematikan mesin. Mesin hanya dimatikan apabila ada angler yang strike. Setengah jam berputar-putar kali ini giliran sang kapten Pak Waryo yang ikut merasakan strike. Lure nya sukses disambar Barracuda pada jarak kurang lebih 80 meter dari kapal. Sambil menggulung reel, Pak Waryo tampak sumringah meladeni perlawanan ikan. Ikan pun akhirnya menyerah dan sukses diangkat ke kapal dengan bobot yang tidak jauh berbeda dengan hasil tangkapan pertama.

Kami terus mancing hingga pukul 08.30 WIB dan kali ini kontributor MM yang berkesempatan merasakan sambaran ikan di kejauhan. Namun sayang, ikan beehasil mocel seblum sempat naik ke atas kapal. Strike bertubi-tubi terus menghujani kapal kami, namun sepertinya Dewi Fortuna belum berpihak pada kami. Terhitung sudah belasan kali ikan berhasil lolos alias mocel.

Tepat pukul 10.00 WIB kami memutuskan untuk menyudahi trip kali ini. Sungguh pengalaman yang menyenangkan bisa mancing Trolling di spot yang potensisl seperti karang Sumbal ini. Jika saja cuaca memungkinkan, bukan tidak mungkin kami akan panen ikan Barracuda. Namun safety is number one. Meski hanya 2 ekor Barracuda yang bisa kami selamatkan, belasan kali mocel merupakan pertanda bahwa memang sedang musim ikan Barracuda di spot Karang Sumbal.

Nah para mania, apabila para mania penasaran ingin mancing trolling di Spot Karang Sumbal bisa menghubungi Bapak Waryo di nomor HP 085601515044 atau bisa langsung datang ke alamat beliau di Slamaran Pantai gg. Udang 1. (joni kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.