Tips Sukses Mancing Ikan Tapah ala Ocos

Om Ocos Landed Ocos

MANCINGMANIACOM-  Paramania, seringkali trip memancing yang kita jalani tidak membuahkan hasil yang maximal. Kurangnya pengetahuan tentang habitat ikan, jam makan ikan bahkan musim tertentu berbuah Boncos yang tentunya ingin kita hindari.

Mancingmania.com kali ini akan sedikit berbagi tips agar sukses menaikkan ikan Tapah ke permukaan. Tips ini dibagikan oleh Om Heri Kurniawan Haironi atau yang lebih akrab disapa om Ocos sang maestro Tapah yang berdomisili di Pontianak. Yuk kita simak tips nya dibawah ini :

1. Bawa lure tipe menyelam, semua menyesuaikan kedalaman air dari mulai 1meter sampai dengan 6 meter maximal . Jangan coba-coba bawa lure tipe topwater karena kita pasti tidak akan fokus jika melihat ikan snakehead(gabus).

2. Naik ke hulu sungai dan kemudian drifting turun ke hilir. Matikan mesin boat, hanyut mengikuti arus dari hulu ke hilir atau dikayuh santai menyusuri sungai.

3. Fokus cast ke tengah sungai saja atau pinggiran tumbuhan air. Jangan cast ke cerukan atau bagian yang dangkal karena ikan Tapah saat siang hari dominan berada dibagian dasar sungai yang dalam atau bersembunyi dibawah tumbuhan air.

4. Saat retrieve, usahakan ikuti ritme renang lure. Wide wobbling action lure seperti crankbait dengan rattlin sound akan lebih menarik perhatian ikan Tapah. Retrieve normal cenderung lambat sangat direkomendasikan. Saat terjadi strike jangan langsung gentak. Rasakan berat ikan baru boleh gentak karena tapah pada serangan awal biasanya menyedot. Hentakan terlalu dini cenderung mengakibatkan ikan mocel.

5. Sungai berair merah gambut adalah spot paling potensial untuk berburu ikan Tapah.

Nah paramania, semoga tips diatas bisa meningkatkan rating strike paramania dalam berburu tapah. Salam strike selalu. (joni kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.