Apakah Para Mania Kenal dengan PE Hollow Braid?

Pojok Kampus Edisi #271

MANCINGMANIACOM - PE hollow braid adalah PE dengan konstruksi yang mempunyai rongga di tengah, sehingga memungkinkan senar PE disambung ataupun dibuat loop tanpa ikatan. Karena mempunyai rongga ditengah, PE hollow braid akan berbentuk pipih saat digulung. Hollow braid biasanya adalah PE dengan konstruksi X12 atau X16.

Hollow braid dibuat untuk mengatasi kelemahan senar PE X3, X4 dan X8 yang mempunyai kelemahan drop pada kekuatan knot-nya. Tetapi karena harganya yang mahal, maka hollow braid hanya dipakai secara terbatas. Pemakaian pada hollow braid yang umum adalah :

1. Hollow braid sebagai main line dan disambungkan dengan mono leader. Mono leader dimasukkan ke rongga hollow braid dengan panjang berkisar di 30cm-50cm. Setelah itu bisa diberikan lem untuk menguatkan bagian sambungan.
2. Hollow braid sebagai main line dan dibuatkan loop pada ujung PE dan diikatkan ke Kili.
3. Memakai hollow braid dibagian ujung rangkaian :
a. Sebagai hook assist, biasanya dengan membuat loop menggunakan bantuan jarum. Setelah loop terbentuk, bagian lain diikatkan ke mata pancing.
b. Dibentuk seperti gelang yang bisa juga dipakai pada hook assist.

Dengan pemakaian seperti gambaran yang diatas, hollow braid mempunyai kelebihan dimana optimalisasi dari kekuatan PE bisa dimanfaatkan dengan baik. Sedangkan pada PE biasa akan terjadi drop kekuatan antara 30% - 50% pada tempat sambungan dengan leader sehingga kekuatan akhir yang bisa kita dapatkan dari PE adalah 50%-70% dari kekuatan senar PE.

Berbeda dengan pemakaian PE hollow, kekuatan PE hampir bisa dipakai sampai mencapai 100% dari kekuatan senar PE karena biasanya tidak terjadi drop kekuatan yang signifikan. Kelemahannya adalah harga PE hollow yang lebih mahal, tersedia hanya dalam ukuran menengah dan besar. Disamping itu para mania juga perlu belajar dari awal bagaimana menyulam dan menyambung senar PE hollow.

Namun sebagai pemancing, tentunya tantangan adalah hal yang biasa dan ayo tetap semangat mempelajari hal yang baru. (dok.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.