Tips Mancing Barramundi ala Billrain Napitupulu, Sang Maestro Barramundi asal Surabaya

Billrain dengan Barramundi seberat 18 kg.

MANCINGMANIACOM - “Berbagi itu indah”, sebuah pepatah yang sering sekali kita dengar sehari-hari. Di dunia mancing khususnya, saling berbagi tips seputar tekhnik, piranti dan umpan juga sering dilakukan oleh para angler dengan maksud agar semua angler mendapat kesempatan yang sama dan juga bisa merasakan bagaimana suksesnya mendaratkan ikan ke permukaan.                  

Billrain Napitupulu seorang angler asal Surabaya yang sudah malang melintang di dunia per-Barramudian kali ini akan berbagi tips bagaimana agar sukses mendaratkan ikan jenis Barramundi ke permukaan. Karakter sang predator barramundi yang ganas ketika memakan umpan, perlawanan ikan yang kuat dan juga lompatan ikan untuk melepaskan kail ketika di atas air adalah momen-momen yang sangat ditunggu dan tentunya tidak akan terlupakan bagi para pemburu Barramundi Nusantara. 

Berikut beberapa tips mancing Barramundi ala Billrain Napitupulu :  

1. Pertama kita harus pastikan spot nya seperti rumpon, turus-turus, tiang pancang jembatan atau kapal karam. Ketiga spot diatas merupakan habitat favorit barramundi dalam berburu mencari mangsa.

2. Selanjutnya umpan, banyak jenis umpan ikan Barramundi mulai dari artificial  lure dan lain-lainnya. Namun umpan yang paling jitu adalah umpan hidup (live bait) seperti ikan Belanak, Mujair, Nener dan Udang. Umpan Udang adalah umpan yang paling bagus. Ada 3 jenis Udang yang biasa dipakai untuk mancing barramundi yaitu Udang Werus, Udang Putih dan udang Vanname.

Udang Putih dan Udang Vanname ini sama besarnya, kurang lebih sebesar jempol jari tangan orang dewasa dan panjangnya bervariasi mulai dari 6 cm sampai 10 cm. Udang Putih dan Udang Vanname adalah umpan favorit Billrain Napitupulu.

3. Setelah umpan kita juga harus perhatikan pasang surut air. Biasanya ikan Barramundi akan makan di waktu pertengahan antara kondisi air surut dan pasang tinggi. “Ini yang sering saya perhatikan, tapi ada beberapa tempat yang jam makannya pada saat air surut,. Tergantung tempatnya sih om, yang penting ini harus dicoba beberapa kali untuk memperhatikan jam makan ikan”. Terang Billrain.

4. Untuk rangkaian dasaran memakai rangkaian segitiga untuk timbel (pemberat), mata kail dan leader. Senar timbel harus lebih panjang dari senar mata kail agar posisi Udang bisa sampai kedasar. Rangkaian harus menggunakan fluorocarbon untuk hasil lebih maksimal karena fluorocarbon tidak kelihatan di dalam air. Namun bukan berarti senar biasa tidak bisa digunakan, hanya saja hasinya kurang maksimal. Ukuran senar rangkaian minimal 60lb untuk berat ikan diatas 7 kg

5. Untuk reel-nya sendiri cukup menggunakan reel dengan ukuran 3000, sedangakan stick atau joran cukup  menggunakan joran dengan line test 16lbs.

6. Untuk senar braided atau PE minimal PE ukuran 3.

7. Untuk mata kail ukuran 12.

Intinya perlengkapan pancing harus kuat karena kita berlomba tarik menarik agar ikan Barramundi tidak nyantol ke rumpon, karang, kapal, turus atau tiang pancang. Perlu diketahui juga tentang warna air. Jika air terlalu bening biasanya ikan Barramundi tidak mau makan.

Air kesukaan ikan barramundi biasanya agak cokelat muda atau agak keruh. Faktor arus air juga sangat berpengaruh, biasanya Barramundi paling galak kalau air arus agak kencang.

Tips mengaitkan kail diudang

Sering kita jumpai para pemula yang ingin mancing Barramundi menggunakan live bait Udang akan bingung sewaktu akan mengaitkan mata kail di tubuh udang. Menurut pengalaman Billrain, beda jenis Udang maka beda pula posisi mengaitkan mata kailnya. Untuk kasus yang satu ini Billrain akan berbagi sedikit tips dari pengalamannya.

1. Untuk udang putih dan vanname mata kail dikaitkan di kepala dan jangan sampai mengenai otaknya. Mengapa di kepala? Agar udang lebih tahan lama dan gerakannya lebih gesit.

2. Untuk udang werus mata kail dikaitkan di ekor karena kepalanya terlalu kecil untuk mengaitkan mata kail dan agak susah. Satu rangakaian cukup 1 mata kail.

“Ketika strike sebisa mungkin senar jangan sampai kendur agar ikan tidak lepas apa lagi sewaktu ikan barramundi berada diatas permukaan air usahakan harus menarik kencang agar mata kail tetap nyangkut ketika ikan berbalik”. Ujar Billrain di akhir sesi wawancara dengan kontributor MM. (joni kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.