Nyumi Mak Nyusssss

Berhasil landed cumi.

MANCINGMANIACOM - Merencanakan trip kadang tidak sesuai dengan ekspektasi, seperti rencana trip kali ini, target yang diharapkan untuk memancing ikan tenggiri dan baronang  disekitaran Pulau Untung Jawa. Namun yang terjadi malah memancing cumi yang jauh dari perkiraan,  persiapan tackle dan amunisi tidak maksimal, malah saya mempersiapkan tackle ukuran besar untuk popping sekitaran Pulau Dapur dan Karang Kotak.

Saya, Ary Anglerboy, Hadi Ghedak, dan Jerry Garonger  sudah konfirmasi beberapa hari sebelumnya, Ary Angler sangat bersemangat untuk memancing Baronang, bersama dengan Jerry sudah mempersiapkan tackle dan tentu saja Lumut andalan para mania mancing Rabbit Fish. Hadi membawa tackle casting dengan umpan lure andalannya berupa soft lure dan beberapa minnow, sedangkan saya hanya membawa box  tackle seadanya.

Apalagi ketika di Tanjung Pasir diinformasikan bahwa kapten kapal adalah Asri, kapten kapal di Pulau Untung Jawa yang saya kenal adalah kapten kapal yang khusus memancing cumi, terbukti ketika sudah merapat di Pantai Tanjung Pasir saya melihat kapal ukuran kurang dari 7 meter sedang menambatkan tali.

Seraya berteriak “Asri dah siap pa belum“ ucap saya kepada kapten yang pangling kepada saya dan menjawab “siap bos, dah siap kapalnya “sambil mengamati dengan jelas ke arah saya dan tersenyum.“Sepertinya saya kenal nich? Apa kabar bos dah lama ngak mancing lagi, terakhir kapan ya? “ tanya kapten Asri kepada saya. “dah lama kep” jawab saya dan mulailah terjadi komunikasi antara saya, Hadi dan Kapten Asri.

Ary Angler sempat bertanya kepada saya “abang dah kenal sama kaptennya?” tanya Ary Angler Boy dan saya langsung jawab sambil tertawa “ya kenal lah, ini kapten spesial mancing cumi, kalo mancing cumi karang atau Calamary, Kapten Asri yang paling saya rekomen” jawab saya. Kapten yang sejak awal saya kenal adalah pemancing cumi yang handal dan pembuat capela (lure/udang-udangan) yang sangat ampuh, beberapa capela buatannya sudah tidak saya miliki lagi, ada yang di minta oleh teman dan sudah hilang entah kemana.

“Tapi katanya kapten tau spot Tenggiri, Baronang dan lainnya” kata Ary sambil mengerutkan dahi. Saya jawab dengan senyum “ya pasti tau spot, namun teknik dan cara mancingnya sudah pasti berbeda dengan kapten-kapten yang biasa mancing Tenggiri. Dengan kapal yang berukuran sangat kecil tentunya menyulitkan apabila fight dengan ikan besar, makanya kapten asri lebih menyarankan mancing cumi atau baronang di spot-nya.

Jerry Garonger sudah siap dengan tackle tegek-nya dengan umpan lumut, diharapkan tiba di spot yang banyak Baronang ukuran jumbo, sampai di spot pertama, Kapten Asri menyiapkan umpan capela, Jerry dengan Tegek, Ary dengan casting dan saya menggunakan tackel milik Ary untuk mancing cumi. Dari beberapa saat melempar umpan dan teknik mancing yang berbeda, Kapten Asri yang strike pertama kali “wah nyangkut sampah nich” teriaknya, saya sudah mengetahui kalau itu adalah kode bahwa cumi karang alias calamary menyangkut pada capela-nya.

Beberapa kali strike membuat hadi, Dan Ary Anglerboy merubah target mancing, sementara Jerry tetap menggunakan tegek sambil menggerutu karena banyak Baronang didasar namun tidak mau memakan umpan, ditambah lagi arus sangat kuat dan umpan lumut tidak sampai kedasar.

Trip kali ini benar-benar menjadi contoh dan pelajaran yang berharga, bagaimana perencanaan trip harus benar-benar jelas. Dan yang harus diperhatikan adalah kebiasan atau keahlian si kapten, karena keahlian Kapten Asri sudah jelas mancing cumi dan membuat umpan cumi, maka target yang ditentukan adalah cumi, serta tackle yang disiapkan berhubungan dengan mancing cumi.

Trip berakhir saat makan siang, hanya Cumi yang berhasil kami daratkan, sekitar 25 ekor calamary ukuran jumbo dan kecil, kemudian melanjutkan istirahat ke Pulau Untung Jawa, dan membagi dua kegiatan, Jerry dan Ary Anglerboy mancing baronang di dermaga, saya dan Hadi tetap bersama Kapten Asri dan Saudaranya untuk ngomset ikan dasaran. (irwan riduan kepada red. mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.