Wind Knot, Gangguan yang Menjengkelkan

Ilustrasi wind knot

MANCINGMANIACOM - Bayangkan momen dimana ikan lagi frenzy dan lagi momentum one cast one strike. Tiba-tiba di lemparan berikut casting-an tidak lancar karena senar nyangkut. Tensi kita langsung naik karena mesti mengurai kusutnya senar yang akan memakan waktu.

Mania, kalau Anda termasuk mayoritas pemancing dengan set spinning, maka besar kemungkinan Anda pernah berhadapan dengan mbundel/windknot. Mbundel adalah satu fenomena senar memelintir, kusut, dan tersangkut pada reel, cincin joran maupun top guide joran.

Mbundel bisa terjadi pada jenis senar apapun, senar PE maupun senar mono. Boleh dikatakan mbundel adalah efek akut dari plintiran senar saat senar menurun tegangannya. Adapun faktor-fakor tambahan yang menyebabkan mbundel antara lain :

1. Pemakaian lure yang terlalu ringan sehingga tegangan senar rendah.
2. Casting pada saat angin kencang. Angin akan membuat senar lebih panjang keluar dari reel dan tertahan diantara reel dan cincin joran.
3. Tidak ada pemakaian kili-kili dalam rangkaian sehingga terjadi akumulasi dari pelintiran senar secara terus menerus.
4. Sehabis strike ikan khususnya ikan monster dimana saat kita menggulung senar yang ditarik ikan secara berulang-ulang akan menyebabkan plintiran senar bertambah.
5. Pemakaian leader yang terlalu panjang untuk jarak lemparan lure yang pendek akan mengakibatkan tambahan plintiran pada senar.
6. Senar PE yang terlalu lentur.

Tetapi itulah kenyataaan yang terjadi di lapangan saat kita mancing. Ada baiknya kita memahami penyebab dari mbundel, sehingga kita bisa mengendalikannya. Misalnya kalau kita analisa setiap poin di atas, dapat disimpulkan :

1. Jika lure yang efektif memang lure ringan, terpaksa harus bersiap menghadapi masalah mbundel pada senar kita. Mungkin bisa dicoba dengan alternatif lure yang sedikit lebih berat untuk mengurangi resiko ini.
2. Mungkin bisa dipersiapkan lebih dari 1 jenis senar, sehingga saat angin kencang para mania bisa mengganti mengganti senar dengan yang lebih kecil koefisien gesekan anginnya.
3. Untuk pemancingan medium dan heavy, seharusnya mudah untuk menambahkan kili dalam rangkaian. Khususnya untuk pemancingan UL, terkadang penambahan 1 komponen akan mempengaruhi action dari lure.
4. Beri perhatian yang lebih detail untuk tegangan senar ataupun beri kesempatan senar untuk menghilangkan putaran plintiran saat sebelum melakukan lemparan setelah landed ikan.
5. Bisa dipertimbangkan untuk mengurangi panjang leader.
6. Cari PE dengan karakter yang sesuai. Indahnya mancing ialah bukan kesempurnaan, tetapi bagaimana kita mencoba mengatasi situasi dengan fakta yang ada. (dok.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.