Yuk Berkenalan dengan Komunitas JFC Petromax

Jakarta Fishing Club Petromax

MANCINGMANIACOM - Apa yang ada dibenak para mania jika mendengar ikan Mas? Ikan yang terbilang cukup mudah ditemukan di kawasan air tawar ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan budidaya ikan mas juga mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi, maka tak jarang banyak kolam pemancingan yang dihiasi ikan Mas.

Dengan semakin banyaknya keberadaan kolam memancingan ikan Mas, tidak terlepas dari peran beberapa pemancing yang sangat menggemari ikan yang satu ini. Salah satunya komunitas Jakarta Fishing Club (JFC) Petromax yang sempat beberapa kali mengikuti event dan menjuarai kompetisi mancing ikan Mas.

Walaupun masih seumur jagung, komunitas yang beranggotakan 421 anggota ini sudah sering mengikuti beberapa Event di wilayah Jabodetabek. Salah satu anggota yang sempat redaksi temui, menceritakan sedikit perjalanan komunitas asal Jakarta ini berdiri.

Berawal dari Bang Toebil, Qmoenk, Haji Ragil dan Mas Yanto yang sering mancing bareng dan banyak bertemu pemancing lainnya di kolam pemancingan. Akhirnya memutuskan untuk membentuk  komunitas Jakarta Fishing Club (JFC) Petromax.

Uniknya, nama Petromax diambil karena keempat pendiri komunitas ini selalu mancing sampai larut malam dan menggunakan pelampung starlight (pelampung yang menyala ketika malam hari). Nah, sebutan starlight itu juga banyak yang menyebutnya seperti lampu petromax, dan dari situlah sejarahnya nama Petromax digunakan. 

Mengenai spot mancing yang menjadi kesukaan atau andalan, Om Erry menceritakan biasanya lokasi yang menjadi favorit anggota yaitu di semua lokasi mancing freswater, terlebih ikan Mas. Mania asal Bandung ini beralasan spot-nya mudah di jangkau dan sebagian anggota ada yang bekerja, jadi bisa membagi waktu antara bekerja dan memancing. Salah satu kawasan yang biasa dijadikan KopDar dan juga memancing bareng ada di pemancingan Palem Jagakarsa JakSel.

Untuk semakin mengakrabkan anggota, JFC Petromax sendiri memiliki acara rutin yaitu Liga Petromax per 2 bulan sekali yang nantinya di akhir tahun diadakan grand final. Disetiap seri liga tetap ada hadiah uang dan trophy, hanya bedanya di grand final hadiah yang ditawarkan jauh lebih besar. Selain acara rutin Liga, Petromax juga mengadakan acara family gathering, dimana isi acara tersebut adalah mancing bersama keluarga anggota Petromax.

Walaupun baru terbentuk pada tahun 2014, komunitas JFC Petromax sudah memiliki prestasi yang diantaranya :

1. Juara Induk dan juara total ikan terbanyak pada event Event Milad JFC at Bloombank
2. Juara 1Induk dan juara 3 induk yang diraih oleh Bang Zagur dan Bang Komarudin Mubarak.

Dengan prestasi yang dimiliki, lantas tidak membuat komunitas JFC Petromax ini tinggi hati, menurut penuturan Om Erry “Tujuan komunitas dibuat hanya untuk menyatukan dan semakin memperat tali sliaturahmi sesama pemancing, dan berharap semakin banyak anggota yang tergabung terlebih bisa membuat Tournament berskala besar” begitulah penuturan beliau sekaligus mengahkiri obrolan dengan redaksi MM. (bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.