Aneka Ragam Ikan Dengan Memancing

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Keanekaragaman yang Indonesia miliki tidak hanya pada sektor budaya tetapi juga alam yang luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Inilah yang menjadi perhatian pemerintah dari segi maritim. Tidak hanya membenahi di sektor pelabuhan, tetapi potensi laut juga menjadi daya tarik tersendiri. Sudah berbagai cara digalakan untuk mendukung kebijakan pemerintah dari sektor ini. Dimulai dari memberi sanksi bagi nelayan ilegal, mengeksplor wisata dan hasil laut ataupun mengadakan berbagai event lomba. Ini tidak hanya membangkitkan perekonomian Indonesia tetapi teryata juga memperlihatkan potensi laut, Salah satunya dengan kegiatan memancing.

Saat ini kegiatan memancing menjadi tren dari semua kalangan. Dimulai hanya dengan sekedar hobi memancing di empang, danau bahkan sampai ke laut. Berbagai komunitas pun sudah menunjukkan eksistensinya dengan ikut berbagai lomba atau hanya sekedar mengikuti pameran. Memancing memang tak kenal umur, jabatan bahkan kalangan. Terbukti hingga saat ini baik itu orang biasa sampai yang berkantong tebal mulai menyenangi aktivitas memancing.

Banyak sekali manfaat dari memancing. Tidak hanya sekedar menyalurkan hobi, membuat tubuh sehat, tapi sebagai ajang silaturahmi dan menjalin pertemanan.. Salah satunya bahkan sampai merambah di dunia politik yang pada beberapa bulan lalu Partai Demokrat menggelar kegiatan mancing bersama wartawan berhadiah dua paket Umrah. Jelas kegiatan memancing menumbuhkan perekonomian walupun beberapa yang bilang “iseng-iseng berhadiah”.  

Ternyata kita juga dapat mengetahui hasil laut (ikan) dari berbagai daerah. Salah satunya saat tim redaksi MM berkesempatan mengunjungi daerah pesisir utara Jakarta di dermaga Marina. Karena di daerah ini terkenal dengan ikan Bandengnya. Tim berhasil membawa 18 ekor bandeng laut dengan membawa peralatan memancing sebanyak 7 hingga 9 mata pancing, dan umpan potongan roti.

Berbeda dengan daerah lainya, dikutip dari mediapancing.com salah satu pemancing yang biasa disapa mas Amin menceritakan pengalamnya ketika memancing di Banda Aceh lebih tepatnya di Pulau Rondo. Dengan waktu dua jam akhirnya beliau berhasil mendapatkan ikan Tongkol berukuran besar. Tak hanya disitu saja, mas Amin juga menyempatkan berkunjung ke pelelangan Melauboh Aceh melihat hasil tangkapan, salah satunya ikan Kembung Kuwe Talang-Talang. Ada juga ikan Sembilang dan ikan Kerapu yang berhasil ditangkap Archipelago Fishing Community saat berada di Tanjung Kait, Banten. Banyaknya jenis-jenis ikan dari Nusantara Indonesia jelas membuktikan bahwa hasil potensi laut berupa ikan sangat kaya sekali.

Hal ini juga didukung dengan semakin meningkatnya berbagai komunitas dan event lomba memancing, baik yang diadakan oleh pemerintah setempat maupun oleh pihak swasta. Saat ini pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Barat sedang menggalakkan rekreasi kegiatan memancing. Salah satu yang menjadi target mania mancing antara lain adalah ikan gabus, toman, belidak, patin dan tapah. Satu lagi jenis ikan yang menjadi ciri khas dan favorit konsumsi masyarakat Sulawesi yaitu ikan Cakalang. Tentunya masih banyak lagi jenis ikan di Indonesia yang belum sempat terekspos dan diketahui masyarakat luas.

 Dimulai dengan kegiatan memancing saja, kita bisa mengetahui pesona laut yang indah sekaligus bisa mengelilingi Indonesia. Diharapkan kegiatan memancing ini bukan sekedar menyalurkan hobi tetapi peduli terhadap ekosistem laut kita. Salah satunya dengan menggunakan alat pancing yang baik dan benar. Jadi buat para mania mancing yang tergiur menaklukkan ikan-ikan, khususnya di Indonesia, untuk peduli terhadap kelangsungan habitat di perairan Indonesia. (bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.