Fun Fishing with Family Banten Fishing Community (BFC)

MANCINGMANIACOM - Berawal dari secangkir kopi disebuah warung Teteh Nong yang heboh disekitar Banten, ide-ide bermunculan dari beberapa angler BFC (Banten Fishing Community) untuk melaksanakan acara trip mancing, rencana awal hanya sekedar mancing seperti trip-trip biasanya yang menggunakan satu perahu yang di isi 5-6 pemancing, namun seperti layaknya kebanyakan pemancing rencana trip tersebut menyebar ketelinga kawan-kawan lainnya sehingga banyak yang ingin bergabung dalam trip tersebut.

Sampai akhirnya beberapa admin pun kembali rembukan untuk membahas trip tersebut, sehingga menemukan titik temu yang memutuskan untuk “Open Trip Fun Fishing” yang dibuka untuk umum yang bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturrahmi antar pemancing.

Salah satu admin yang bernama Bhiezmo akhirnya memposting acara trip tersebut di grup dalam akun sosial media Facebook Banten fishing Community, acara akan berlangsung pada hari Minggu tanggal 05 Maret 2017 dengan disediakan tiga perahu yang akan di isi enam pemancing dalam satu perahu dengan biaya pendaftaran hanya 300 ribu perorang yang sudah termasuk umpan, makan, tips abk, kopi, dll.

Belum sampai 1 jam posting-an sudah terisi lebih dari 15 orang yang mendaftar. Di balik layar para admin terus berdiskusi untuk kesiapan mereka menjamu para peserta yang mendaftar, dari mulai kesiapan jumlah perahu yang akan digunakan, pembelajaan logistic, menyiapkan tempat istirahat untuk peserta yang dari luar kota dll.

Para admin semakin sering berdikusi untuk kesuksesan acara ini, rincian demi rincian dan ide-ide yang menarik tercetuskan seperti salah satunya dari dana pendaftaran yang hanya sebesar 300 ribu para admin dapat menyisihkan dana yang terkumpul untuk dijadikan doorprize dalam acara ini dan yang lebih mengejutkan lagi adalah buah dari kekompakan dalam grup ini karna beberapa anggota grup BFC (Banten Fishing Community) banyak yang “mewariskan” beberapa alat pancing untuk dibagikan kepada peserta yang ikut dalam trip Fun Fishing ini karna tujuannya adalah “Dari kita untuk kita semua”.

Mulai dari 2 set alat pancing trolling, cool box, tackle box, joran jigging, tas joran, reel, box lure lengkap dengan isinya dan ditambah banyak lagi beberapa doorprize dari salah satu anggota BFC “Aura Pancing Banten” berupa topi mancing, kaos mancing, rod belt, handslaves, buff, dll. Sehingga membuat semua peserta dan admin semakin bersemangat dan optimis dalam trip ini.

Acara semakin dekat dan kesiapan dari panitia admin pun sudah matang, semangat dari para peserta semakin menggebu-gebu. Saat yang dinanti-nanti pun tiba, sesuai informasi yang sudah diberitakan oleh admin kepada semua peserta trip bahwa titik temu atau dermaga berlabuh di pelabuhan Bojonegara dan spot yang dituju ialah sekitaran kapal karam pulau panjang.

Pada pukul 5 dini hari satu persatu peserta mulai berdatangan di lokasi dermaga, salam sapa obrolan dan canda tawa pun tak terelakan, kapten kapal sudah siap membawa semua peserta ke spot-spot andalan mereka. Namun hal yang tak terduga pun terjadi karna umpan (udang) yang akan dibagikan kesetiap kapal belum juga datang karna dilokasi pembelian umpan sangat banyak pemancing sekitar yang juga mengantri dan menunggu tengkulak udang datang dari tambak sekitaran Bojonegara.

Akan tetapi hal tersebut tak mematahkan semangat para peserta acara ini karena dengan kekompakan dan senda gurau yang asyik telah berhasil mengisi sela-sela waktu saat menunggu sampai tak terasa pada pukul 7 pagi akhirnya perjuangan kawan-kawan yang bertugas membeli umpan pun tiba dengan membawa 3kg udang yang langsung dibagikan kepada masing-masing kapal sebanyak 1kg disetiap kapal.

Sebelum masing-masing kapal berlaju dari dermaga semua peserta berkumpul untuk pembagian kapal yang diundi dengan cara pengocokan nama-nama peserta, semua peserta trip Fun Fishing sudah mendapatkan posisi kapal, semua kapal berlaju menuju spot kapal karam.

Sampainya di spot semua kapal berbaris berdampingan dengan yang lainnya,sehingga guyonan dari masing-masing kapal pun terjadi saat salah satu peserta di kapal sampingnya berhasil strike, ejekan canda memanas-manasi suasana saat memancing.

Ada hal yang cukup membuat perut terkocok-kocok karna tertawa saat salah satu peserta yang bernama Kang Sidik yang memancing dengan tehnik cast jig jorannya melengkung tajam strikeeee teriakannya membuat Chandra (salah satu peserta) yang ada di kapal sebelah tambah panas dibuatnya, namun sesaat setelah itu semua peserta tertawa terbahak-bahak dan mengejek Kang Sidik karena yang didapatnya hanya sampah plastik.

Suasana ceria sangat terasa saat itu, ombak dan arus tidak besar karena musim muson barat telah berlalu, namun ikan yang dinanti tidak juga menyambar umpan dari peserta.

Akhirnya semua kapal memutuskan untuk berpencar mencari titik-titik spot andalan masing-masing kapten kapal. Di terik siang sang kapten kapal menyiapkan santap makan siang dengan menu ikan pindang dan nasi liwet, istirahat sejenak menyegarkan tubuh dan mengisi energi karna kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling utama kita jaga saat kita memancing.

Matahari mulai condong kebarat yang menunjukan pukul empat sore, jarak dari spot ke dermaga awal sekitar satu jam perjalanan. Masing-masing kapal mulai balik arah menuju dermaga, setelah semua sampai bertepi di dermaga awal, peserta mulai turun dari perahu masing-masing, lagi-lagi candaan dan guyonan terjadi saat masing-masing kapal mengeluarkan box tempat ikan dari kapal ke darat “kau tengoook ini box, penuh ikan semua” ujar salah satu peserta bergurau membuat suasana panik bagi yang tidak dapat ikan, padahal sebenarnya di dalam box tidak ada ikannya.

Setelah semua selamat sampai tujuan masing-masing peserta mengeluarkan hasil memancingnya untuk ditimbang dan ditunjuk sebagai peraih ikan terberat dalam trip fun fishing ini. Ikan kerapu seberat 1,5kg yang berhasil dipancing dengan tehnik slow jigging oleh Bhiezmo menjadi peraih juara satu, diteruskan dengan juara 2 dengan perolehan ikan kaci-kaci seberat 1kg yang berhasil diangkat dengan tehnik dasaran oleh Arul dan dilanjut dengan perolehan ikan kakap merah seberat 7ons yang mendapat juara 3 yang berhasil diangkat oleh saudara Kimizanly dengan tehnik dasaran.

Keputusan mutlak disaksikan semua peserta trip fun fishing, dilanjut dengan sesi pembagian hadian juara 1,2 dan 3 serta pengundian doorprize. Dimulai dari Juara 1 mendapatkan 1 set alat pancing trolling diraih oleh Bhiezmo, juara 2 mendapatkan 1 set alat pancing trolling diraih olehArul, juara 3 mendapatkan 1 joran jigging Versus Spartan dan dilanjut pembagian doorprize kepada seluruh peserta yang ikut trip.

“Tenang-tenang semua kebagian doorprize-nya” ucap Kang Umam. Karna trip fun fishing yang diadakan ini benar-benar solid dan bener-benar acara “Dari kita untuk kita semua” sehingga doorprize yang terkumpul tiga kali lebih banyak dari jumlah peserta yang ada.

Setelah semua kebagian doorprize, semua panitia admin dan seluruh peserta trip berkumpul untuk berfoto bersama dan dilanjutkan dengan sambutan penutup dari ketua acara dihaturkan kepada semua peserta serta diselangi dengan ide membuat trip fun fishing berikutnya di Binuanguen, semua tak sabar ingin cepat dapat kabar acara selanjutnya itu berlangsung karena semua peserta merasa sangat senang dengan trip fun fishing yang dibuat oleh kawan-kawan BFC (Banten Fishing Community).

Salam sapa dan pelukan persahabatan menutup jumpa trip kali ini, satu persatu peserta saling berpamitan untuk kembali pulang kerumah masing-masing. Salam persaudaraan dari kami untuk semua apemancing Nusantara, bravo dan tambah solid selalu Banten Fishing Community. Terima kasih kapada semua para peserta lomba. Salam mancing mania Nusantara. (ahmad maulana kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.