Kursus Memancing untuk Anak

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Banyak sekali manfaat dari memancing, selain sebagai sarana rekreasi bersama keluarga ataupun menghabiskan waktu di ahkir pekan. Memancing juga membantu psikologis seorang anak. Salah satunya memberikan kepekaan terhadap alam dan melatih kesabaran.

Ada berbagai cara mengenalkan kegiatan mancing, jika para orang tua tidak sempat mengajak mancing seperti ke danau, kolam ataupun laut, teryata cukup ke pasar malam atau pasar kaget. Nah di lokasi ini para mania mancing bisa menemukan wahana permainan mancing ikan yang digemari oleh anak-anak. Tak hanya memancing ikan mainan, tapi juga main air dan bola yang disediakan dalam kolam buatan oleh penyedia mainan. Sekali main, dikenakan biaya Rp 5.000 sepuasnya.

Mungkin itu salah satu contoh yang cukup efisien untuk mulai mengenalkan kegiatan mancing pada anak-anak. Sebagian besar anak-anak pada dasarnya senang ketika bisa menangkap ikan. Itu memberi mereka kesempatan untuk berada di alam, terutama dekat dengan air dan membina hubungan langsung dengan alam.

Di beberapa negara seperti eropa dan amerika kegiatan mancing secara khusus bagi anak-anak sudah sedikit dipermudah dengan berbagai event maupun kursus mancing yang di sesuaikan dengan usianya.

Salah satunya yang dilakukan Washington Department of Fish & Wildlife (WDFW) dengan memberikan pendidikan seputar kegiatan mancing dengan nama Klineline Kids Fishing. Dimulai Pada tahun 2012, dengan membimbing 2.400 anak-anak, program ini terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Tujuan ini membantu anak-anak untuk mengenal alam dan menggali pontensi diri mereka.

 Program ini ada 2 sesi yaitu pertama pada hari jumat, dengan waktu pukul 08:00-16:00 dan membayar 50 ribu serta mendapatkan kaos serta reel dan joran. Sedangkan pada hari sabtu dengan durasi yang sama terbuka untuk usia anak-anak 5 – 14 dan yang tidak ketinggalan yaitu juga diberikan umpan. Tak hanya sekedar teknik memancing, tapi juga diperkenalkan tentang bagaimana menjaga lingkungan.

Hal yang senada juga dilakukan oleh The Missouri Department of Conservation, sebuah lembaga yang konsen terhadap sumber daya alam dan lingkungan yang berada di sebuah negara di wilayah Midwestern Amerika Serikat. Mereka juga memiliki program yaitu Kids Fishing Days. Pada pelajaran pertama, mereka akan diajarkan menggunakan piranti mancing.

Kemudian peserta akan belajar untuk mengikat simpul dan bagaimana menggunakan umpan untuk berbagai jenis mata kail. Peserta dibatasi antara 7 sampai 15 tahun. Uniknya, para orangtua atau keluarga harus selalu mendampingi, ini bertujuan mengetahui perkembangan anak dan juga manfaat dari olahraga memancing.

 Walupun program atau event mancing tidak dikhususkan bagi anak-anak di Indonesia, namun seringkali pada perlombaan dan saat trip mancing, banyak para mania yang membawa anak-anak mereka ikut memancing. Dan sebagian pemancing Indonesia mengenal dunia mancing sejak kecil, ini membuktikan bahwa mancing di usia dini sudah diperkenalkan sejak lama. Terlebih dengan kekayaan perairan yang ada di Indonesia.

Kunci sesungguhnya saat mengajak mancing anak–anak yaitu pilihlah lokasi atau spot mancing yang mudah mendapatkan banyak ikan, ini bertujuan tidak membuat anak-anak jenuh saat umpan mereka belum disambar oleh ikan. (bima kepada red.mm)

Related Post

  1. Name : syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Email: syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Date: 1 March 2017 18:20
    kegiatan memancing untuk anak juga , bertujuan menanamkan karakter, sejak usia dini. Memancing ada seninya dan ada bonus nya,.."dapat ikan".
Your comment is awaiting moderation.