Komunitas Pecinta Mancing Ekstrim, Jogja Rock Fishing Community

Jogja Rock Fishing Community

MANCINGMANIACOM - “Never Ending Asia”, sebuah kalimat yang pastinya melekat pada kota Jogjakarta. Kota yang juga terkenal dengan makanan khas Bakpia nya ini juga ternyata memiliki banyak spot rock fishing di sepanjang jalur pantai selatan. Banyaknya pecinta rock fishing atau mancing karangan membuat beberapa angler tergerak hatinya untuk membuat suatu wadah komunitas sesama pecinta mancing karangan.

Berdiri di tahun 2016 Jogja Rock Fishing Community ( JRF) mengukuhkan komunitas mereka sebagai suatu wadah komunikasi dan organisasi para pecinta Rock Fishing di kota Jogjakarta dan sekitarnya.

Visi dari komunitas Rock Fishing Jogja adalah menjadikan pemancing Jogjakarta solid dalam berbagai hal. Dengan menjadikannya sebagai wadah berkumpul, berbagi informasi, diskusi, tukar pikiran dan pengalaman pemancing karangan Jogjakarta dan sekitarnya.

Sementara misi dari Komunitas Rock Fishing Jogja adalah sebagai wadah menjalin silaturahmi dan persaudaraan antara sesame angler pecinta rock fishing Jogjakarta dan sekitarnya juga berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan perairan dan spot memancing karang.

Semenjak berdiri hingga sekarang, Jogja Rock Fishing Community sudah banyak menjalankan program-program rutin komunitas, antara lain :

- Memberikan informasi seputar dunia memancing terutama rock fishing termasuk safety, spot dan teknik memancing.
- Membantu menjaga spot dan lingkungan sekitar spot memancing.
- Bakti social.
- Mengadakan kopdar dan Mancing Bareng antar angler.
- Mengadakan pertemuan rutin seluruh member JRF setiap 3 bulan sekali.

Jogja Rock Fishing Community membuka lebar pintu mereka bagi para angler khususnya pecinta rock fishing jika ingin bergabung dengan syarat-syarat sebagai berikut :

1. Berdomisili di Jogja dan sekitarnya.
2. Sehat jasmani dan rohani.
3. Mengerti dan memahami teknik memancing rock fishing.
4. Menyerahkan Foto Copy identitas diri.
5. Membayar iuran wajib bulanan sebesar Rp. 20.000,- .
6. Bagi anggota yang tidak membayar iuran bulanan selama 3 bulan berturut turut, maka akan dikeluarkan dari member JRF.
7. Anggota dilarang keras melakukan hal yanhg bersifat provokasi, SARA, pornografi dan hal diluar kegiatan mancing dengan membawa nama grup/organisasi.
8. Member JRF wajib memiliki kartu anggota.
9. Member wajib menjaga kartu anggota. Bila kartu anggota hilang atau rusak, segera dikonfirmasikan ke admin JRF.
10. Setiap anggota JRF wajib menjaga dan merawat fasilitas dan prasarana yang dimiliki JRF.
11. Setiap anggota yang membawa atau menggunakan alat-alat JRF, wajib meninggalkan kartu anggota ditempat yang telah ditentukan bersama.
12. Setiap anggota JRF yang menggunakan alat JRF, bilamana hilang atau rusak dikarenakan kelalaian member wajib mengganti alat alat tersebut.
13. Menjunjung tinggi sportifitas dan nama baik grup.
14. Seluruh member yang telah tergabung di JRF dianggap menyanggupi dan menyetujui segala peraturan yang diterapkan oleh Jogja Rock Fishing

Sejauh ini, Jogja Rock Fishing sudah memiliki lebih dari 2000 anggota di grup jejaring sosial facebook. Usia para member pun bervariasi mulai dari yang termuda 18 tahun hingga yang tertua diatas 50 tahun. Usia termuda 18 tahun menjadi patokan minimal para pengurus komunitas dikarenakan rock fishing merupakan tekhnik mancing dengan resiko yang sangat besar dan membutuhkan dampingan dari para angler rock fishing yang tentunya sudah berpengalaman. 

Sejak berdiri di tahun 2016 hingga sekarang,  Jogja Rock Fishing tercatat baru satu kali mengadakan event bertajuk “Mancing Bersama Jogja Rock Fishing Community 2017” yang diadakan pada 18-19 Februari 2017 di Pantai Sedahan Gunung Kidul kemarin yang juga dalam rangka merayakan hari jadi Jogja Rock Fishing yang pertama.

Untuk kedepannya para pengurus juga akan mengagendakan beberapa event antara lain mancing bareng, aksi peduli sosial juga beberapa lomba yang mungkin skalanya lebih besar dari event sebelumnya.

 Bagaimana para mania, tertarik bergabung dengan komunitas Jogja Rock Fishing?. Langsung saja pengurus-pengurus dibawah ini baik melalui sekretariat maupun jejaring sosial facebook.

Ketua 1                  : Venancius Gunadhi
Ketua 2                  : Apri GT’Holic
Bendahara              : Yuda (Siomay Kang Yuda)

Alamat secretariat: Jalan LPMP KM 02 Tirtomartani-Kalasan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. No HP : 0858-7847-9644

Link facebook : Jogja Rock Fishing Community(joni kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.