Strategi Awal Mancing Ikan Toman

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Ikan Toman (Channa micropeltes) adalah sejenis ikan predator air tawar khas Indonesia, sekeluarga dengan ikan gabus. Kedua ikan ini merupakan satu family, yaitu family snakehead. Memiliki bentuk mirip gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang dari satu meter dan beratnya yang mencapai 15 kg. Toman tergolong buas, predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya. Ada beragam cara dan umpan yang digunakan. Bisa dimulai dengan menggunakan teknik casting maupun teknik dasaran.

Memiliki sensasi strike yang luar biasa, para mania mancing akan selalu merasa ketagihan untuk merasakan sensasi tarikan ikan yang satu ini. Toman memiliki kemampuan hidup mulai di air tawar hingga di air payau dan bahkan di lumpur. Ikan ini mampu bertahan di lokasi perairan dengan kadar oksigen yang terbatas dengan sesekali muncul di permukaan air.

Ikan ini bisa dipancing dengan menggunakan umpan asli, racikan, maupun umpan tiruan. Bagi para mania mancing yang ingin merasakan sensasi strike-nya, ada hal yang terpenting ketika ingin memancing jenis ikan predator seperti ini. Kali ini Mancingmania.com akan memberikan tips dan trik umpan untuk memancing ikan toman.

1. Saat menggunakan teknik casting, kita harus memainkan lure (umpan) dengan cepat. Saat paling baik untuk memancing ikan toman yaitu ketika pagi hari dan sore hari. Ketika siang hari, kondisi panas matahari mengakibatkan suhu air juga panas sehingga membuat toman tidak nyaman. Dia akan mencari tempat yang teduh dan berada di area dekat rumput atau eceng gondok.

2. Untuk mengetahui keberadaan toman, carilah lokasi yang sepi dan situasi air yang tenang. Cari di spot terbuka dan terus amati setiap gerakan di lokasi tertentu, karena toman muncul di permukaan air untuk bernafas.

3. Untuk umpan yang digunakan bisa menggunakan umpan buatan (lure) seperti jump frog, mini popper, minnow dan berbagai bentuk lure Sedangkan umpan racikan, bisa menggunakan 1/4 daging bagian dada ayam , caranya dengan potong kecil-kecil kurang lebih 2 cm.

4. Jika sedikit kesulitan untuk mencari umpan daging, bisa menggunakan cicak sebagai umpan mancing ikan toman.

5. Untuk ukuran senar, biasanya menggunakan PE 3 . Sedangkan joran dan reel disesuaikan dengan teknik yang para mania digunakan.

Bagi para mania mancing, hal yang terpenting adalah menggunakan teknik yang tepat dan mengetahui spot memancingnya. Selamat mencoba. (bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.