Angler Cilik asal Yogyakarta

Iffan Zainun Niam mancing di Westlake Resort

MANCINGMANIACOM - Memancing bukan hanya sekedar kegiatan dan hobi biasa, tapi dapat dikategorikan sebagai bagian olahraga. Ini dibuktikan dengan adanya Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia yang dibentuk sejak 1996. Aktivitas olahraga ini disukai berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Salah satunya angler cilik asal Yogyakarta yang mulai menyukai mancing sejak kelas 4 Sekolah Dasar. Ingin tahu bagaimana kisahnya, yuk intip perbincangan bersama redaksi Mancingmania.com.

Lahir di Yogyakarta 15 September 2004, Iffan Zainun Niam atau yang bisa disapa Iffan menyukai hobi mancing sejak diperkenalkan ayahnya Rosyid yang juga seorang pemancing. Kepada redaksi Mancingmania.com, ayahnya menuturkan pada awalnya suka mancing “karena waktu TK dulu, saya  pernah diberikan mainan alat pancing sama ibu guru dan kebetulan dulu memiliki empang yang luas, jadi sering mancing disitu” ujar Rosyid.

Hobi mancing sejak kecil mulai diturunkan kepada Iffan. Pengalaman dimulai ketika mancing di sungai yang letaknya tidak jauh dari rumah. Uniknya  waktu itu, masih memakai alat seadanya dengan modal senar ukuran biasa dan bekas botol lem untuk menggulung senar.

Walaupun  begitu, strike pertama pun berhasil didapatkan dengan 1 kg ikan lele. Bicara soal mendapatkan strike, ini merupakan strike pertama yang didapat iffan. Tentunya bagi anak seumuran Iffan yang baru pertama kali mancing sungguh memiliki kepuasaan tersendiri.

Hal yang menarik dan tak kalah heboh yaitu saat beberapa waktu lalu Tim Relix Nusantara dan Mancingmania.com serta beberapa pemancing Yogyakarta berkesempatan mancing di Westlake Resort, tepatnya di daerah Kabupaten Sleman di jalan Ringroad Barat. Berbeda dari pengalaman sebelumnya, kali ini Iffan bisa menggunakan piranti pancing yang lengkap. Bersama ayahnya seperti pemancing biasa, mulai mempersiapkan piranti dan umpan.

Menggunakan umpan sepotog roti, Iffan mulai menjulurkan senar dan mencelupkan umpannya. Dengan teknik casting Iffan pun mulai menunjukan aksinya. Menggunakan riil reel Spinning Fierce 3000 dan joran pioneer serta senar PE 2,5 , Iffan yang berhasil strike ikan bawal sebanyak 5 kali yang membuat decak kagum teman-teman yang ikut memancing saat itu.

Selain mengisi kegiatan mancing, Iffan yang bersekolah di SD Islam Terpadu Hidayatullah (SDIT Yogyakarta) juga menyukai kegiatan bersepada, bahkan ketika ditanya mengenai cita-citanya ia menuturkan bahwa ingin menjadi pembalap karena senang melihat sepeda trail.  Ditengah kesibukaannya sekolah dan memancing, terkadang Iffan juga membatu kedua orang tuanya membuat snack (pisang goreng &risol) yang kebetulan berwiraswasta di bidang catiering. (bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.