Wisata di Pulau Bangka

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Siapa yang tak pernah mencoba makanan martabak Bangka? mendengar namanya? Hampir semua masyarakat pernah mencicipi makanan asal Bangka ini. Bangka memang terkenal dengan ciri khas martabak ini, bahkan mitosnya  dinilai makanan yang tepat untuk diberikan kepada calon mertua karena meskipun harganya tidak terlalu mahal namun terlihat ekslusif dan menunjukan strata sosial seseorang.

Tak hanya terkenal dengan makanan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki pantai dengan karakteristik bebatuan granit dan permukaan pantai yang landai. Tentunya menjadi daya tarik para wisatawan dan para pemancing. Salah satunya berada di Pantai Sungailiat Bangka.

Untuk menuju lokasi dari Jakarta, para wisatawan bisa naik pesawat terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Sementara jika ingin melewati jalur laut bisa melalui Pelabuhan Pangkalbalam dan Pelabuhan Muntok dengan kapal cepat jetfoil maupun kapal feri, tergantung rute yang dipilih.

Dari Pelabuhan Muntok ke Pangkal Pinang bisa dicapai dengan bus umum atau mobil sewaan dengan lama perjalanan darat sekitar dua sampai tiga jam. Hal yang menarik yaitu adanya angkutan kota yang biasa disebut bemo.

Ciri khas dari Pantai ini tersendiri yaitu tumpukan batu granit dengan hamparan bebatuan dan butiran pasir yang bersih sehingga memanjakan mata wisatawan maupun para pemancing.

Keindahan pantai yang masih asli, akan membuat betah setiap wisatawan yang datang berkunjung. Di pantai ini, kegiatan memancing akan menjadi menyenangkan.Hal inilah yang membuat para pemancing tidak merasa bosan sambil menunggu umpan mereka disambar ikan.

Ikan kakap dan kerapu merupakan potensi dan buruan para pemancing di Pantai Sungailiat Bangka. Ukuran yang didapat biasanya sekitar 1-6 kg, tapi tidak menutup kemungkinan mendapatkan ikan yang lebih besar. Umpan yang digunakan biasanya cumi-cumi yang dipotong kecil kira-kira seukuran 2-3 cm.

Lokasi yang bisa digunakan untuk memancing, terhampar hampir sepanjang 2 kilometer di sepanjang garis Pantai Sungailiat. Di Pantai Sungailiat Bangka dengan bebatuan yang terpatri kokoh di sekitar pinggir pantai, kita bisa memancing dengan leluasa. Hal unik lainnya yaitu di dalam bebatuan granit yang besar ini, terdapat celah yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Selain itu, hampir seluruh pantai di Kota Sungailiat ni berhadapan dengan laut Cina Selatan. Jadi yang ingin berkunjung sebaiknya pilih waktu kunjungan di bulan Mei sampai dengan Oktober. Karena biasanya pada bulan - bulan tersebut cuaca cukup bagus untuk menikmati aktifitas pantai di sekitar Kota Sungailiat. Kegiatan memancing di kawasan wisata Pantai Sungailiat belum dikenakan tarif resmi. Selain memancing, pengunjung juga bisa mandi di laut atau berkemah. (bima kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.