Gali Potensi Teluk Bone

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Keindahan alam Indonesia sudah mendapat beragam pengakuan dari wisatawan mancanegara. Salah satunya spot underwater yang masuk dalam Top World Diving Destinations 2017.  Hal ini membuktikan bahwa laut di Indonesia memiliki keunikan dan pesona yang eksotik. Tak dapat dipungkiri juga memiliki keberagaman jenis ikan yang ada di setiap laut Indonesia. Dengan berlimpahnya alam Indonesia, maka tak jarang dimanfaatkan oleh para angler untuk memancing.

Salah satu destinasi yang bisa dijadikan referensi untuk menikmati keindahan laut sekaligus memancing yaitu di Perairan Teluk Bone, Kabupaten Luwu. Nah MM akan memberikan sedikit informasi mengenai potensi yang ada di kawasan Teluk Bone, sekaligus  menjadi spot mancing yang asik.

Spot ini merupakan salah satu kawasan perairan di Sulawesi Selatan yang memiliki sumber daya ikan yang potensial. Maka tak jarang banyak nelayan yang menjadikan lokasi ini sebagai mata pencaharian mereka. Ada beragam cara nelayan dalam menangkap ikan seperti seperti bagan rambo, jaring kolor, jaring insang permukaan, polo dan mancing tradisional.

Tentunya yang tak kalah menarik yaitu postensi ikan yang berada di Teluk Bone diantaranya ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tembang, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan malaja, ikan kakap dan ikan tuna.   Ikan Tuna (Thunnus sp) dan Cakalang (Katsuwonus pelamis) merupakan sumberdaya ikan pelagis yang banyak dicari  oleh nelayan dan para pemancig di wilayah perairan Teluk Bone. Bahkan setiap bulannya nelayan bisa mendapatkan lebih dari 177 ekor ikan cakalang maupun ikan tuna.

Dengan potensi ikan yang berlimpah, maka sangat tepat jika spot ini menjadi buruan para mania mancing. Salah satu spot mancing yang masih berada di kawasan Teluk Bone yaitu di Pulau Bulu Poloe. Pulau ini merupakan lokasi yang tepat untuk dijadikan referensi memancing sekaligus menikmati suasana keindahan di pulau ini.

Memiliki hamparan pasir putih sekitar 50 meter dan terumbu karang yang menawan, para pecinta olahraga Diving juga menjadikan tempat ini sebagai tujuan mereka. Air laut di Pulau Bulupoloe sangat jernih, dihiasi aneka ragam terumbu karang yang mempesona. Belum lagi ikan-ikan yang berwarna-warni dan biota laut lainnya yang semakin menambah semarak kehidupan bawah laut di Pulau Bulu Poloe.

Para pemancing pun kerap memancing di perairan pulau atau dari bibir pantai Pulau Bulu Poloe. Perjalanan dari kota Makassar melalui jalur darat ditempuh sekitar 600 meter menuju Maili dengan menaiki angkutan bus, biaya sekitar Rp. 250.000. Dan para mania harus mengeluarkan biaya dikisaran Rp.250.000 untuk melanjutkan dari Maili menggunakan perahu nelayan (ketinting atau baggo) dengan tempo waktu satu jam.

Terahkir beredar kabar, bahwa warga setempat berhasil memancing lima ekor kerapu yang satu diantaranya mencapai panjang dua meter. Bulu Poloe selama ini memang dikenal dengan lokasi mancing yang kaya akan ikan raksasa. Nah, rasanya tepat jika spot ini menjadi refrensi memancing ikan-ikan besar. (bima kepada red.mm)

Related Post

  1. Name : syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Email: syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Date: 13 February 2017 18:19
    Selain bisa memancing juga bisa wisata,...super sekali.
Your comment is awaiting moderation.