Nanang Gonto, Wild Fishing dan Borneo

Nanang Gonto strike toman

MANCINGMANIACOM - Borneo atau Kalimantan menyimpan sejuta pesona alam yang sangat indah. Banyaknya sungai-sungai yang masih alami menjadikan Kalimantan sebagai salah satu destinasi wild fishing atau memancing di alam liar. Masih banyaknya spot potensial yang belum terjamah tentunya menjadi indikator habitat ikan yang masih terjaga.

Di kota Banjarmasin, seorang pengusaha di bidang kuliner khas Kalimantan bernama Nanang Gonto adalah satu diantara banyak angler di Kalimantan yang gemar sekali melakukan kegiatan freshwater wild fishing. Putra asli Dayak kelahiran Banjarmasin 45 tahun silam ini sudah menekuni hobi mancing sejak kecil dengan bermodalkan piranti sederhana tegek. Nanang mendapatkan semua pengetahuan tentang memancing dari sang ayah yang juga seorang angler kawakan di kota Banjarmasin pada kala itu. Spesies ikan betok dan gabus merupakan target favorit Nanang di masa kecilnya.

MM yang sempat mewawancarai Nanang bertanya diantara banyaknya teknik mancing saat ini, teknik mancing apa yang menjadi favorit Nanang. Nanang pun dengan penuh semangat menjawab casting. Menurut Nanang, teknik casting merupakan cara memancing yang praktis dan dianggap lebih mudah baginya. Namun terkadang jika spot-nya susah untuk di cast, tekhnik bottom fishing menjadi alternatif bagi Nanang khusus untuk memancing ikan Toman.

Banyaknya spot freshwater disekitar tempat tinggal Nanang ternyata menjadi alasan kenapa Nanang lebih mencintai freshwater ketimbang saltwater fishing. “Om lebih senang freshwater, alasannya spot lebih dekat dan suasana lebih ke alam dan juga harus jalan kaki lagi intuk menuju ke spot. Kalau saltwater, spotnya jauh dari tempat om dan jujur saja om suka mabuk laut dan jadinya tidak konsen untuk mancing lagi”. Terang Nanang sambil tertawa kecil.

Ayah sekaligus kakek dari dua orang anak dan dua cucu ini juga tidak segan berbagi ilmu kepada banyak angler terutama tips memancing ikan freshwater. Spesies ikan seperti Gabus, Toman, Lais Tembiring dan Tapah adalah 4 spesies ikan target Nanang. Namun ikan Lais Tembiring dan Tapah lah yang menjadi target favorit Nanang untuk di cast. “Ikan Lais dan Tapah lebih enak dikonsumsi dan semua orang dirumah suka. Membersihkannya pun gampang karena tidak bersisik”. Jawab Nanang.

Bicara soal rekor bobot tangkapan ikan, Nanang menuturkan bahwa ikan Tapah dengan bobot 15,2 Kg dan Ikan Lais dengan bobot5,3 Kg pernah ia daratkan ke permukaan dan semua itu dilakukan dengan teknik mancing casting. MM pun penasaran dengan merk dan tipe piranti yang digunakan Nanang untuk memancing. Dengan rendah hati Nanang menjelaskan jika ia tidak fanatik akan satu merk. “untuk casting ikan Lais om Pake Joran merk Lemax, untuk mancing Toman dan Tapah om pake Joran merk Shimano Bastera, kadang juga pake Joran merk Abu Garcia begitu juga dengan reel nya”. Nanang menambahkan.

Di sesi akhir wawancara , Nanang berpesan agar jangan takut Boncos karena menurut Nanang Boncos merupakan strike yang tertunda. (joni pamungkas kepada red.mm)

Related Post

  1. Name : syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Email: syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Date: 24 February 2017 00:30
    Mantab bung nanang,..keren ilmunya,..sekali kali bisa lah ke Banjar masin, cari tapah,..hee..Sukses bung Nanang.
Your comment is awaiting moderation.