Strategi Bertarung dengan Teknik Slow Jigging

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Setelah para mania fokus dengan berbagai macam piranti dan teknik memainkan jig yang akan digunakan untuk mancing teknik slow jigging, yang tak kalah penting cara fight dengan si ikan target juga menjadi pelajaran penting untuk para mania saat menghadapi si ikan target. Salah-salah, joran para mania bisa patah dan senarpun bisa putus akibat ganasnya perlawanan si ikan.

Perlu diingat, senjata kita melawan si ikan terletak pada kekuatan joran dan senar, jika senar sudah tidak diragukan lagi kekuatannya, maka cara penggunaan joran perlu  diperhatikan oleh para mania.

Power yang terdapat pada blank joran sangat menentukan besarnya kekuatan para mania melawan si ikan. Posisi joran pada saat fight pasti berpengaruh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam memancing jigging kita akan menggunakan joran dengan moderate fast tip action yang memiliki lengkungan di ¾ bagian atas joran.

Cukup mudah, para mania hanya perlu mempertahankan lengkungan joran tetap berada di sana dengan merubah posisi joran di tangan para mania. Kekuatan pada bagian bawah blank joran adalah senjata paling ampuh untuk bertarung dengan si ikan. Dengan penanganan yang benar, tidak perlu khawatir joran akan patah.

Cara lainnya, para mania bisa menggunakan teknik short stroking yang diadaptasi dalam kompetisi Big Game Fishing. Singkatnya, cara ini diterapkan ketika para mania strike ikan yang melebihi kapasitas piranti mancing para mania.

Ketika ikan berhenti menarik senar para mania, angkat joran sampai kita bisa menggulung senar sebanyak setengah putaran handle ril, setelah itu turunkan kembali joran. Lakukan cara ini berulang dan dengan perlahan, para mania bisa mengangkat si ikan besar. (red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.