Tutup Tension Reel BC Hilang

Behel Tutup Tension

MANCINGMANIACOM - Sedia payung sebelum hujan, peribahasa ini mungkin sering kita dengar dari dulu, tapi ini bukan karena sekarang sedang musim hujan bukan juga membahas tentang iklim diawal tahun 2017 ini.

Saya akan membahas seputar hobi yang saya jalani dengan teman-teman dan para pembaca mancing mania, yaitu merawat piranti reel baitcasting atau sering kita sebut reel BC.

Ketika kita menggunakan piranti ini mulai dari awal kita belajar hingga kita bisa menggunakannya dengan baik reel BC ini, tidak mungkin para mania tidak pernah mengalami yang namanya backlash atau kusutnya benang saat melakukan lemparan. Hal itu terjadi karena pengaturan yang masih kurang tepat antara reel dengan lure dan masih banyak lagi penyebabnya.

Karena seringnya kita melakukan setting itulah, saya akan coba membahas tentang tutup tension yang tanpa kita sadari tiba-tiba tutup tension tersebut hilang entah kemana. Bukankah hal ini cukup membuat kita jengkel? Atau kita yang mau happy dengan hobi, justru kita malah runyam jadinya.

Tidak sedikit para mania mancing yang pernah mengalami hal ini, bahkan bisa gagal uncal karena benang selalu kusut saat dilempar. Tapi ada juga dari beberapa merek reel BC ini yg sudah mendesain produknya agar tutup tension tidak mudah terlepas dan hilang.

Lalu langkah apa yang harus kita lakukan untuk hal ini? Saya hanya punya saran seperti peribahasa yang saya tulis diatas, istilahnya mencegah hal ini sebelum terjadi pada piranti kita yaitu membuat behel pada tutup tension tadi. Sediakan kawat stainless, cukup dengan ukuran 0,8mm. Siapkan juga tang dan obeng.

Buatlah lekukan pada kawat stainless agar bisa di jepit dengan sekrup body reel BC tersebut. Lalu bentuklah kawat sesuai dengan lekukan pada body samping reel BC. (bisa dilihat difoto)
Akan lebih mudah jika kawat stainless-nya dipotong terlebih dahulu sepanjang 7-8cm lalu bentuk lekukan menggunakan tang sesuai dengan bentuk body reel BC yang anda miliki. Karna setiap reel punya ukuran dan bentuk berbeda serta posisi baut sekrup pada titik yg berbeda.

Selamat mencoba, salam mekitikfrog. (jin denmas yulian hadi dan tan po liang kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.