Yuk, Mancing di Progo

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Temanggung, nama sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang terletak diantara Kabupaten Wonosobo dan Mangelang. Kota berhawa sejuk ini mempunyai panorama indah. Ke arah timur kita bisa menyaksikan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Ke arah barat terlihat  Gunung Sumbing dan Sindoro, sedangkan ke utara ada Gunung Ungaran.

Karena letaknya di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro maka Temanggung mempunyai banyak sungai seperti Progo, Galeh, Kuas, Tinggal, dan masih banyak sungai-sungai kecil lainya yang ahkirnya menjadi satu yaitu Sungai Progo. Sungai Progo atau warga sekitar menyebutnya Kali Progo termasuk sungai terpanjang di jawa tengah, daerah yang dilalui adalah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Bantul (D.I.Yogyakarta).

Ada sungai tentu ada ikan. Begitu pula Sungai Progo, banyak jenis ikan yang menghuni sungai Progo. Diantaranya uceng, wader, tombro, malem, nila, balar, kepekan, mangur, gabus, hampala dan lainya. Sungai Progo jelas memiliki potensi spot yang tidak bisa ditemukan ditempat lain. Tak perlu heran banyak warga sekitar maupun komunitas yang banyak memancing di daerah ini. Salah satunya Komunitas MAPEL yang aktif menjaga ekosistem ikan di Sungai Progo. Setiap tahunnya mereka menebar bibit ikan dari berbagai jenis.

Salah satu spot yang banyak digemari oleh para mania mancing di Jembatan Kranggan. Selain itu spot mancing di air tawar dan spot apungan juga merupakan tempat favorit. Biasanya mereka memancing ikan melem, pelus dan balar. Ikan melem merupakan ikan yang paling menjadi buruan. Cara mancing ikan ini dengan menggunakan joran tegek, dan termasuk jenis yang sedikit agresif. Ikan pelus juga menjadi hal yang menarik dan banyak mengundang perhatian bagi para mania mancing, menurut kabarnya ikan yang beratnya sampai 9 kg dan ikan balar pernah terangkat. Jadi ini tantangan untuk para mania  jika ingin merasakan sensasi mancing di spot Sungai Progo. (berbagai sumber)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.