Kili Konvensional & Kili Bearing

Pojok Kampus edisi November 2016

 

MANCINGMANIACOM - Mania, Kili adalah komponen kecil dalam satu rangkaian. Fungsi kili adalah untuk mengurangi pelintiran pada senar. Pelintiran senar terjadi bila kita memakai reel spinning. Pelintiran juga bisa diakibatkan oleh putaran dari lure spinner dan beberapa jenis spoon.

Pelintiran senar memberikan efek yang negatif berupa pengurangan kekuatan senar (khusus senar PE) ataupun memberikan efek memori pada senar mono. Kili terdiri dari Kili konvensional dan Kili bearing. Kili bearing adalah produk pengembangan lanjutan dengan memperbaiki fungsi putar kili dengan mengurangi gesekan komponen.

Kili konvensional yang beredar dipasar ada beberapa jenis namum komponen utamanya tetap sama yaitu terdiri atas 1 komponen badan dan 2 komponen lengan. Kili bearing terdiri dari 3 komponen yaitu: Komponen badan, komponen bola besi (bearing) dan komponen lengan. Pada komponen badan dan komponen lengan ada lubang yang bisa disematkan ring untuk tempat ikatan senar.

Perbedaannya adalah kili bearing dilengkapi dengan bola besi sehingga perputaran antara 2 lengan tetap lancar saat timbul beban. Sementara pada kili konvensional perputaran terjadi dengan pergesekan antara komponen lengan dan badan sehingga pada saat timbul beban akan sulit berputar karena gesekannya menjadi berat.

Hasil percobaan percobaan awal kita di lab menunjukan dukungan atas penjelasan diatas. Cara kerja kili: Satu lengan kili umumnya terhubung ke bagian yang senar yang ke reel sementara lengan lain terhubung ke bagian ujung rangkaian.

1. Timbulnya plintiran di bagian senar utama yang umumnya diakibatkan saat kita casting/lempar atau saat kita fight ikan, diharapkan plintirannya bisa dihilangkan atau dikurangi dengan berputarnya kili.

2. Pelintiran juga timbul dari spinner, spoon atau arus air (terjadi di ujung rangkaian), pelintiran ini juga diharapkan bisa dihilangkan atau dikurangi dengan berputarnya kili. Kili bisa dipakai secara independen dimana kedua ujungnya diikat ke senar. Kili juga bisa dipakai berpasangan dengan peniti/split ring. (dok.mm)

 

Related Post

Your comment is awaiting moderation.