Spot Extreme di Perairan Gunung Kidul Jogjakarta

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Jogjakarta yang terkenal akan keganasan ombak laut selatannya ternyata juga memiliki beberapa spot yang terbilang cukup extreme untuk dijelajahi. Memancing di spot extreme tentunya juga harus diimbangi dengan persiapan yang matang, guide lokal yang berpengalaman, juga fisik dan mental yang sehat karena diatas semua itu safety first adalah prioritas utama para pemancing.

Jika kita melihat struktur perairan laut selatan Jogjakarta tentunya kita akan takjub akan keindahan ciptaan Tuhan dengan banyaknya tebing-tebing karang di daerah pinggiran lautnya. Namun memancing di spot tebing atau yang lebih dikenal dengan nama rockfishing maupun landbase ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi bagi para pemancing apabila tidak diperhitungkan dengan seksama.

Rajin bertanya kepada warga/guide lokal, melihat kalender mancing juga peralatan keselamatan yang mendukung adalah kunci utama sukses memancing di spot extreme. Berikut beberapa spot extreme di sekitar perairan selatan Gunung Kidul yang didapat dari beberapa rekan angler Jogjakarta dan sekitarnya.

1. Spot Bonang dan Grindan di daerah Pantai Wediombo Gunung Kidul.

Ikan Cendro/Needlefish di spot timur Pantai Bonang Gunung Kidul

Di dua spot ini para mania bisa menerapkan tekhnik memancing Rockfishing, Bottom atau dasaran dari tebing. Bahkan di spot ini para mania bisa mancing ke tengah menggunakan perahu jukung dan menerapkan teknik jigging dengan kedalaman 20-70 meter. Ikan GT/Kuwe gerong, kakap kuning, Barracuda bahkan ikan Cendro merupakan target utama pemancing di spot ini.

2. Pantai Becici dan Goa Langse daerah Panggang Gunung Kidul.

Dengan karakter spot yang cukup extreme, spot ini sangat cocok bagi para penggila tekhnik Landbased Popping dan Casting. Spot yang cukup terkenal dengan tingkat  extreme-nya yang tinggi ini merupakan habitat ikan-ikan predator berukuran monster seperti GT, Tengiri bahkan Barracuda.

3. Pantai Depok, Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

Ketiga spot tersebut merupakan spot yang sangat cocok bagi para mania yang suka memancing dengan tekhnik Surf Fishing atau Pasiran. Ikan-ikan seperti GT, Kakap kuning, Barracuda maupun ikan Cendro bisa didapatkan di ketiga spot diatas. Namun para pemancing juga diharapkan kewaspadaannya karena mancing Pasiran beresiko tergulung ombak mengingat ombak pantai selatan terkenal akan keganasannya. 

Bagaimana para mania, tertantang untuk memancing di spot-spot extreme?

Walau bagaimanapun, tetap utamakan faktor keselamatan karena keluarga senantiasa menunggu di rumah. Salam strike. (joni pamungkas kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.