Tips Menjaga Kesegaran Ikan Tangkapan Ala Jepang (di Fukui,Obama)

sumber gambar-internet

MANCINGMANIACOM - Mania, Jepang adalah negara yang sangat peduli dengan kesegaran ikan karena mereka suka mengkonsumsi ikan mentah (Sashimi dan Sushi). Untuk dapat menjaga kesegaran ikan perlu persiapan alat yang memadai dan prosedur menyimpan ikan yang benar. 

Dari trip ke Jepang kali ini, penulis berkesempatan untuk mengamati kedisplinan dari pemancing-pemancing Jepang. Mania di Jepang dengan pakaian mancing yang lengkap termasuk waterproof jacket dan life vest secara independen membawa semua peralatan yang dibutuhkan dari set joran dan reel, peralatan pancing maupun cool box.  

Dari pengamatan, setiap pemancing membawa 4- 6 set joran dengan fungsi yang berbeda seperti joran untuk light jigging akan berbeda dengan joran untuk eging. Fokus kita kali ini adalah menjelaskan mengenai menjaga kesegaran ikan tangkapan.

Pada setiap cool box, kapten akan memasukkan 2-3 es beku (air diisi kedalam botol besar bekas minuman ringan yang dibekukan) ke dalam coolbox dari setiap mania. 

Saat strike ikan dan landed, maka mania akan mengeluarkan pisau fillet dan melukai bagian dekat posisi insang ikan setelah itu ikan diceburkan kedalam ember berisi air laut sampai darah ikannya keluar. 

Setelah satu jangka waktu antara 5-10 menit maka sebagian besar dari darah ikan sudah keluar, keluarkan bagian dalam perut ikan dan buang, ikan siap untuk dimasukkan kedalam cool box individu pemancing. (Catatan : Darah, bagian dalam perut dan insan ikan adalah penyebab utama ikan cepat amis). 

Selalu jaga kebersihan karena mikro organisme akan mudah berkembang di lingkungan yang kotor. Demikian tips kita kali ini semoga bisa di coba untuk dipraktekan di Indonesia. (basstera)

Related Post

  1. Name : Syamsoel Basri
    Email: syamsoelbasri@yahoo.co.id
    Date: 4 November 2016 22:22
    Mantab,..suatu pembelajaran bagi para pemancing, mudah utk dipraktekkan.tksh
Your comment is awaiting moderation.