Tour de Java 2016 Putaran 2 Final

Tour de Java 2016

MANCINGMANIACOM - Tour de java putaran 2 akhirnya sampai di stage 4 atau final. Bertindak selaku tuan rumah adalah kota Tegal yang diwakilkan oleh tim Mancing Tegal Brebes atau yang lebih dikenal dengan MTB. Kompetisi mancing Tour de Java 2016 dengan sistem grand prix atau home-away (partai kandang-tandang) memiliki sistem kompetisi yang unik dimana setiap tim yang mendapat jatah sebagai tuan rumah perlombaan memiliki hak untuk menentukan peraturan lomba.

Dalam stage final kali ini, tuan rumah Tegal yang diwakilkan oleh MTB menerapkan sistem penilaian spesies terbanyak sebagai juara 1 atau 2, dan ikan terberat sebagai juara 3. Selain itu penggunaan full artificial lure dengan teknik bebas (casting, jigging, popping maupun trolling) merupakan peraturan yang ditetapkan  MTB selaku tuan rumah dan harus ditaati oleh seluruh tim dan peserta (No Livebait dan No Kotrek).  

Jadi setiap tim yang mendapatkan spesies ikan terbanyak 1, 2 dan juara ke 3-lah yang berhak mendapat poin terbanyak dan juara pada kompetisi Tour de Java 2016 stage final kali ini.

Sebagai info tambahan, sistem penilaian kompetisi Tour de Java 2016 yang sudah berjalan selama  4 stage sejak tahun 2016 lalu ini memiliki 4 sistem penilaian berupa poin yang terdiri atas poin juara 1 (100 poin), juara 2 (50 poin), juara 3 (50 poin) ditambah dengan poin kehadiran (10 poin). Tercatat 9 tim/komunitas mancing dari berbagai daerah yang ikut meramaikan bursa kompetisi bergengsi ini antara lain :

- JAK ANGLER (Jakarta)
- KERANJINGAN MANCING GRUP atau KMG (Jakarta)
- CIREBON ANGLER (Cirebon)
- KOMUNITAS MANCING MANIA PEMALANG atau KMMP (Pemalang-Jawa Tengah)
- ARCHIPELAGO FISHING CLUB atau AFC (Jakarta)
- KOMUNITAS MANCING MANIA CILACAP atau KMMC (Cilacap-Jawa Tengah)
- PERTAMINA CILACAP FISHING COMMUNITY atau PCFC  (Cilacap-Jawa Tengah)
- JAKARTA ANGLER COMMUNITY atau JAC (Jakarta)
- MANCING TEGAL BREBES atau MTB (Tegal-Jateng)

Namun menurut catatan panitia, hanya tim Jakarta Angler Community dan Archipelago Fishing Club yang absen dalam event kali ini.

KMMP mengikuti Tour de Java 2016

Hari yang dinanti pun akhirnya tiba, tepat pukul 06.00 di hari Minggu 15 Januari 2017, semua peserta dari perwakilan masing-masing tim sudah merapatkan barisan di pelabuhan TPI Jongol kota Tegal. Yongky Barata selaku ketua panitia yang mewakili tuan rumah terlihat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta untuk menuju kapal masing-masing yang sudah ditunjuk oleh panitia.

Hingga pukul 06.30 – 07.00 WIB terdata 7 tim sudah berangkat menuju spot Karang Jeruk yang sudah dipilih oleh panitia sebagai arena bertarung para angler mewakili tim masing-masing. 40 menit perjalanan dari daratan ke spot yang dituju dimanfaatkan para peserta untuk mempersiapkan peralatan tempur mereka untuk meraih poin yang banyak di stage final kali ini.

Sesampainya di spot, terlihat para angler dengan semangat juang mulai melempar lure¸ micro jig dan juga popper mereka ke titik spot yang menurut mereka terdapat banyak ikan. Terpantau dari kapal panitia, nampak beberapa peserta mulai strike beberapa spesies ikan antara lain barracuda, cendro, kerapu , talang-talang, como dan juga beberapa jenis kerapu lainnya.

Spot Karang Jeruk

Pukul 14.00 semua peserta memutuskan untuk kembali ke darat dan melakukan penghitungan spesies sekaligus penimbangan ikan terberat. Menjelang penilaian oleh para juri, beberapa angler terlihat cemas dan berharap agar mereka masuk nominasi perolehan poin. Penghitungan pun dimulai,  dan berikut para juara 1,2 dan 3 Tour de Java Putaran 2 stage 4 (Final) Tegal :

- Juara 1 spesies terbanyak : Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC) dengan perolehan 7 spesies (100 poin+10 poin kehadiran)
- Juara 2 spesies terbanyak : Mancing Tegal Brebes (MTB) dengan perolehan 6 spesies (75 poin+10 poin kehadiran).
- Juara 3 ikan terberat : Pertamina Cilacap Fishing Club , Barracuda 1,7 kilogram (50 poin+10 poin kehadiran). 

Sedikit me-review kebelakang, Tour de Java tercatat sudah melalui 3 stage di 3 kota yang berbeda dimana tim yang mengikuti kompetisi ini juga bertindak sebagai tuan rumah. Berikut rangkuman 3 stage Tour de Java 2016 terdahulu dan perolehan jumlah poin para juara tim :

Stage 1 (Jakarta)
- Juara 1 : Archipelago Fishing Club (AFC)
- Juara 2 : Keranjingan Mancing Grup (KMG)
- Juara 3 : Jakarta Angler Community (JAC)

Stage 2 (Cirebon)
- Juara 1 : Komunitas Mancing Mania Pemalang (KMMP)
- Juara 2 : Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC)
- Juara 3 : Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC)

Stage 3 (Cilacap)
- Juara 1 : Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC)
- Juara 2 : Keranjingan Mancing Grup (KMG)
- Juara 3 : Keranjingan Mancing Grup (KMG)

Sehingga secara total keseluruhan poin selama 4 stage berlangsung maka Panitia dengan resmi mengumumumkan bahwa :

- Juara umum 1 diraih oleh team Komunitas Mancing Mania Cilacap ( KMMC)  dengan 375 poin.
- Juara umum 2 diraih oleh team Keranjingan Mancing Grup (KMG), Jakarta dengan 150 poin.
- Juara umum 3 diraih oleh team Komunitas Mancing Mania Pemalang (KMMP) dengan 110 poin.

Selamat kepada para juara umum Tour de Java 2016 Putaran 2 yang juga berhak membawa pulang Piala Tetap dan Piala Bergilir Tour De Java. Junjung tinggi sportifitas dan persaudaraan sesama angler. Salam strikeeeeeeeee!! (joni pamungkas kepada red.mm)

Related Post

Your comment is awaiting moderation.